Repotase 4 "Menganaliss Segmentsi dan Targetting Pasar Jasa Pendidikan"

Menganalisis Segmentasi dan Targetting pasar jasa pendidikan

Pada prinsipnya pasar adalah tempat bertemunya pembeli potensial dengan penyedia layanan dan produk jasa. Di dalam pasar asa beberapa jenis marketing, diantaranya:
1. Mass marketing:
a. Perbandingan penjual dan pembeli sama-sama banyak
Cth: Pekan Raya Jakarta atau biasa disebut PRJ adalah salah satu pasar yang perbandingan penjual dan pembelinya sama, yaitu dalam jumlah yang banyak.
b. Produk yang dihasilkan sangat banyak
Cth: perusahaan coca cola memproduksi coca cola dalam jumlah yang sangat banyak kemudian di sebar di berbagai tempat, sehingga konsumen tidak susah untuk menemukan dan membeli minuman ini.
c. Harga yang tidak mahal agar mudah dijangkau
2. Eksklusif marketing,
Dalam jenis ini sering disebut kebalikkan dari definisi Mass Marketing tadi. Karena mereka memproduksi atau menjualnya sedikit
3. Variety poduck marketing:
a. Penambahan sesuatu di produk
b. Gaya/ style (model suatu barang)
c. Ukuran
d. Kualitas
e. Other variety
“Segmentasi marketing adalah memecah pasar, membagi dalam kelompok-kelompok kemudian dibuat perbedaan yang dapat dilihat dari karakteristik, perilaku, dan kebutuhannya.” Ujar Pak Amril, salah satu dosen Manajemen Pendidikan di UNJ.
1. Identifikasi Dasar Segmentasi
a. Geografis, membagi pasar ke beberapa geografis.
1) Nation (antar Negara), penjualan produk berada di luar atau dalam negeri
2) State (aturan-aturan), dalam penjualan produk disesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku di tempatnya
3) Region (wilayah), penjualan produk tergantung di wilayah mana berada, perbedaan wilayah dapat membedakan harga
4) City (kota), strategi penjualan dapat di bedakan antara kota dengan desa.
b. Demografis
1) Usia, penjualan suatu produk disesuaikan sengan umur
2) Gender, dari segi ini ita dapat mengklasigikasikan apakah prosuk yang sitawarkan untuk pria atau wanita
3) Family size, faktor ini melihat dari banyak sedikitnya jumlah anggota dalam suatu keluarga. Misalnya dalam membeli mobil keluarga yang beranggotakan banyak maka akan lebih memilih mobil berukuran besar dengan kapasitas yang bisa memuat banyak orang.
4) Target positioning
5) Income, seperti adanya kartu kredit, maka akan tersirat bahwa yang menggunakan kartu kredit hanyalah orang yang mampu membayar tagihannya.
6) Occupation, factor yang menentukan level pekerjaan, seperti ketika ada konser maka disediakan bengku untuk kelas biasa, sadang dan vip
7) Cells,
8) Pendidikan, dapat disesuaikan dengan tingkat kelulusannya dan berhubungan juga denga jenis pekerjaannya.
9) Religion, adanya faktor yang mengidentifikasdi dengan keyakinan seseorang terhadap agama yang dianutnya, contohnya halal atau tidaknya makanan. Karena umat muslim diharamkan untuk memakan makanan yang diharamkan.
10) Ras, ini diidentifikasi berdasarkan ras, misalnya ada pembedaan kulit hitam dan putih, maka penjualan warna pakaian di Bandung dan Papua tentu akan berbeda.
c. Psikografis
1) Social
2) Lifestyle
3) Personality
4) Behavior
5) Benefit
6) Sering tidaknya digunakan
7) Loyalitas
8) Kesiapan konsumen
9) Sikap terhadap produk
10) Positive/ negative
11) Programmers buyer
12) Buyer hunter
13) Pembeli yang tidak suka berlama-lama

0 comments:



Post a Comment