Reportase 4 "Struktur Program Pelatihan" (Pertemuan 7)

Jakarta, 17 Oktober 2011, lantai 3 ruang 306 Fakultas Ilmu Pendidikan (gedung Daksinapati) Kampus A Universitas Negeri Jakarta, berlangsung perkuliahan Manajemen Diklat oleh Bapak Amril Muhammad, SE., M.Pd. Pertemuan kali ini adalah pertemuan ke tujuh yang berlangsung selama 120 menit, dimulai pukul 08.30 sampai 10.30 membahas mengenai Penyusunan Struktur Program Diklat.
Pada awal perkuliahan Pak Amril memanggil sejumlah anak berdasarkan kesamaan jabatan yang disusun kompetensinya pada pertemuan minggu lalu untuk diperiksa dan diperbaiki. Ada sekitar 8 kelompok yang memiliki kesamaan jabatan. Setelah dijelaskan mengenai kekurangan masing-masing, tiap kelompok diharuskan berdiskusi untuk merevisi dan menentukan mata diklat dan jam diklat yang lebih relevan dengan kompetensi pada jabatan tersebut.
Pada akhir perkuliahan beliau memberikan struktur program pelatihan untuk merevisi tugas sebelumnya. Struktur program pelatihan tersebut terdiri dari nama lembaga, pemimpin, nama jabatan, posisi di struktur organisasi, uraian tugas, persyaratan pemegang jabatan, kompetensi inti, pendukung, dan lainnya, serta dilanjutkan dengan struktur kurikulum berdasarkan kompeteni, mata diklat dan jam diklat (baik teori maupun praktek). Tugas tersebut dikumpulkan pada keesokan harinya dalam bentuk ketikan.
Perkuliahan hari itu membuat saya lebih mengetahui bagaimana kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang staff pemasaran (jabatan yang saya pilih) dan menentukan mata serta jam diklat yang relevan dengan kompetensinya melalui penjelasan mengenai letak kekurangan pada tugas sebelumnya.
Terimakasih Pak Amril 

0 comments:



Post a Comment