Reportase 3 "Merancang Kurikulum"

Jakarta 10 Oktober 2011, lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Diklat. Hari itu beliau menjelaskan dan memandu kami untuk membuat sebuah kurikulum selama 150 menit ke depan atau sejak jam 9.30 hingga 11.00.
Sebelum beliau memberikan tugas, beliau menjelaskan sedikit mengenai kurikulum. “kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran atau pedoman pembelajaran,” jelas Pak Amril. Beliau juga mengatakan bahwa untuk membuat sebuah kurikulum harus ditentukan kompetensinya terlebih dahulu. Kompeten adalah kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta diklat. Terdapat 3 pilar dalam sebuah kompetensi: kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama adalah kompetensi yang harus dimiliki seseorang yang menduduki suatu jabatan, kompetensi pendukung adalah kompetensi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan perwujudan kompetensi utama. Sedangkan kompetensi lainnya adalah kompetensi yang secara tidak langsung mendukung optimalisasi kompeten utama. Beliau memberikan sedikit gambaran mengenai tiga pilar kompetensi ini pada seorang guru. Guru memiliki kompetensi utama, yaitu kompeteni pedagogic, personal, social, dan professional. Penguasaan IT mrupakan kompetensi pendukung seorang guru, sedangkan kompetensi lainnya adalah pengetahuan guru mengenai kode etik, peratutran pemerintah, dankebijakan yang terkait dengan seorang guru.
Setelah beliau memberikan sedikit penjelasan, maka kami diharuskan membuat kompeteni (utama, pendukung, dan lainnya) sebagai salah satu langkah untuk menyusun kurikulum dengan memilih salah satu bagian yang ada distruktur organisasi yang telah dibuat pada pertemuan lalu. Saya memilih membuat kompetensi pada staff pemasaran. Ketika sedang asyik mengerjakan, tidak terasa 150 menit sudah berlalu, sedangkan sebagian mahasiswa belum selesai dengan tugasnya. Akhirnya, beliau memberikan kerenggangan waktu untuk mengumpulkan sampai besok sekitar jam 12an dengan syarat tugas tersebut harus diketik.
Banyak hal yang dapat saya ketahui setelah pertemuan hari itu. Saya dapat menyusun kompetensi utama, pendukung dan lainnya pada staff pemasaran pada sebuah organisasi, yaitu kursus menjahit. Saya juga dapat menentukan mata diklat apa saja yang harus diberikan terkait kompetensi-kompetensi tersebut, sekaligus menentukan berapa jam mata diklat tersebut diberikan untuk mencapai titik efektif.
Terima kasih dosenku, Amril Muhammad,SE., M.Pd… 

0 comments:



Post a Comment