Reportase 2 "Struktur Organisasi"

Universitas Negeri Jakarta, 3 Oktober 2011. Di ruang 306 FIP perkuliahan dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB, pada pertemuan kelima ini bapak Amril Muhammad, SE., M.Pd selaku dosen manajemen diklat membahas mengenai struktur organisasi sebuah lembaga. Namun, kali ini beliau tidak banyak menerangkan karna kami telah mendapatkan mata kuliah desain organisasi pada semester 2 lalu.
Pada pertemuan itu kami diberi banyak kesempatan untuk membuat struktur atau desain lembaga organisasi beserta job description masing-masing jabatan. Lembaga organisasi ditentukan berdasarkan lembaga organisasi yang telah ditentukan oleh masing-masing mahasiswa/i pada mata kuliah manajemen pemasaran pada semester 4 kemarin.
Selama kurang lebih 120 menit saya membuat struktur organisasi pendidikan non formal, yaitu lembaga kursus menjahit beserta job descriptionnya dengan diberikan contoh yang ditayangkan di slide terlebih dahulu oleh Pak Amril. Setelah selesai beliau kembali menyerukan agar membuat rencana pelatihan yang akan diberikan kepada orang yang kiranya perlu dilakukan pelatihan. Setelah waktu selesai kami pun segera mnyerahkan tugas yang kami buat, sedangkan bagi mahasiswa/i yang belum selesai dengan tugasnya diberi kesempatan untuk mengumpulkan sampai jam 12 siang.
Pertemuan hari itu memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa/i, khususnya saya. Saya dapat belajar bagaimana membuat struktur organisasi lembaga kursus menjahit dengan mendesain ketua yayasan, pemimpin cabang, kepala bagian keuangan, sarana prasarana, pendidikan, pemasaran beserta staf-stafnya agar lembaga kursus yang saya buat menjadi lembaga yang fungsi adminstratifnya berjalan sesuai fungsinya sehingga menjadi lebih efektif adan efisien daplam pencapaian tujuan.

0 comments:



Post a Comment