Tugas Kelompok "Positioning n Marketing Mix"

Nama Kelompok :  Karunia Bunga Winiarti
 Khusnul Dewi Anggraini
 Putri Puji Pertiwi
Bisnis : Blossom Salon n Spa
Manajemen Pendidikan Non Reg 2009

POSITIONING
Usaha yang akan kami dirikan adalah salon. Untuk segmentasi jenis salon ini adalah wanita, khususnya golongan menengah ke atas. Mengapa? Karena salon adalah tempat yang menyenangkan bagi wanita untuk memanjakan diri, yang di dalamnya terdapat serangkaian aktifitas perawatan, seperti perawatan tubuh, kulit, wajah, rambut, daerah intim, dll, sehingga orang yang sempat memikirkan untuk merawat dirinya adalah mereka yang memiliki cukup uang, karena jasa salon ini lumayan mahal harganya. Kemudian kami memilih lokasi di ibu kota Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan karena ada beberapa alasan yang dipertimbangkan. Pertama, Jaksel adalah salah satu tempat yang kadar perkembang trend dan gaya hidup tinggi, sehingga orang-orangnya akan sangat memperhatikan penampilan. Ke dua, Jaksel terdapat banyak kantor-kantor besar, sehingga akan memungkinkan orang di dalamnya disibukkan dengan berbagai aktifitas yang membuat mereka menjadi tegang dan stress. Dan salonlah yang akan menjadi tempat pelarian kejenuhan dan kestressan mereka. Maka rasanya tepat jika kami menempatkan salon sesuai segmentasi yang kami inginkan di kawasan Jakarta Selatan.
Competitive Advantage
Salon ini akan berusaha untuk memberikan kesan nyaman yang mendalam untuk memenuhi permintaan konsumen. Kami akan membuat konsumen merasakan surga dunia di salon ini. Ditambah lagi dengan kelengkapan perawatan, tenaga handal, bahan-bahan alami dan pengadaan cafe, maka konsumen tidak perlu meragukan lagi mengenai kepuasan dan service yang diberikan. Sehingga, dengan melihat salon ini dan mendengar namanya saja orang akan spontan merasakan kenyamanan. Jadi, image seperti inilah yang ingin kami tonjolkan.
Comunicating and Delivering
Untuk menikmati jasa salon kami, ada 3 cara untuk mengaksesnya. Hal ini dilakukan untuk memberi pilihan yang akan memudahkan konsumen, diantaranya:
1. Konsumen datang langsung untuk memilih perawatan yag diinginkan. Tetapi kami tidak bisa menjamin kemungkinan salon sedang ramai, sehingga konsumen harus masuk daftar tunggu terlebih dahulu.
2. Konsumen dapat memesan atau membooking perawatan yang diinginkan minimal satu hari sebelumnya. Dengan cara ini, maka konsumen tidak perlu masuk daftar tunggu sekalipun salon sedang ramai.
3. Konsumen dapat menikmati jasa perawatan salon di rumah sendiri (perawatan rumahan). Tetapi khusus perawatan rumahan, treatment yang ditawarkan terbatas, hal ini berkaitan dengan kemudahan dan kesukaran pemindahan alat.

MARKETING MIX
Produk
Produk yang ditawarkan di disalon kami ada dua macam, yaitu berbentuk jasa dan barang. Maka ke duanya dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Jasa  Consummer produk
Artinya, treatment atau perawatan yang di beli adalah memang untuk dinikmati konsumen itu sendiri. Jika digolongkan lagi maka salon yang akan dibuat ini tergolong shopping produk dan specialty produk, dimana konsumen harus memilah milih perawatan yang sedang dibutuhkan dengan kondisi dan keadaannya saat ini. Selain itu kami menyediakan beberapa paket khusus untuk semua waktu dan untuk waktu tertentu. Misalnya, paket pernikahan (semua waktu) atau paket lebaran dan tahun baru (waktu tertentu).
2. Barang  Industrial Produk
Selain itu, kami juga menyediakan barang yang dibutuhkan salon dalam jumlah banyak, seperti shampoo, cream crembath, lulur, vitamin, dll. Sehingga, kebanyakan konsumennya adalah salon-salon lain yang akan membeli untuk memenuhi kebutuhan salonnya.

Ada beberapa alasan yang memungkinkan konsumen untuk datang dan menikmati jasa salon yang kami dirikan, diantaranya:
1. Product attributes
a. Kualitas, salon yang akan kami dirikan ini sudah pasti akan memuaskan konsumen dengan kualitas tinggi yang diberikan. Pertama, pegawai yang dipekerjakan di salon kami adalah tenaga handal dan bersertifikat. Kedua, ada dokter kecantikan yang khusus menangani konsumen dengan masalah kulit wajah. Ketiga, kami menggunakan bahan-bahan yang aman dan alami untuk dikonsumsi pada tubuh.
b. Features, salon kami menyediakan perawatan lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sehingga, kelengkapan inilah yang akan memudahkan setiap konsumen yang datang untuk memilih treatment yang akan dijalani.
c. Produk Design, selain itu kami juga menyediakan paket-paket untuk konsumen yang memang ingin menjalani beberapa treatment. Dengan paket ini konsumen tidak perlu bingung untuk memilih treatment dan juga harga yang ditawarkan tentu akan berbeda dengan treatment satuan.

2. Brand
Logo ini dipilih untuk mewakili harapan bisnis kami yaitu blossom salon and spa. Dimana blossom sendiri memiliki arti mekar layaknya bunga. Karena kami ingin bisnis ini terus mekar dan terus berkembang seperti bunga. Maka pada logo kami terdapat gambar bunga berwarna orange yang dalam feng shui warna orange berarti menyalakan energi, optimisme, daya tahan, dan inspirasi. Kami menggunakan brand equity yang akan membuat konsumen akan merasa lebih percaya dengan brand-brand yang sudah terkenal, seperti makarizo, marta tilaar, biokos, la tulip, dll. Selain itu kami juga mengeluarkan produk dengan brand kami sendiri, yaitu Blossom.

3. Packaging
Packaging atau kemasan termasuk beberapa hal penting dalam sebuah bisnis. Kami mengemas salon ini dengan nuansa warna hijau yang memberikan kesejukan dan sedikit ornament warna putih, ungu, dan kuning. Ke tiga ornament warna tersebut diberikan agar warna hijau tidak terkesan monoton dan membosankan. Untuk perawatan pun, konsumen disediakan baju khusus dengan corak batik berwarna hijau dengan campuran kuning gading, yang menandakan bahwa semua bahan alami dan nyaman. Jelasnya, hampir semua detail di salon ini diberi sentuhan hijau. Untuk konsumen yang menikmati perawatan paket akan diberikan seperangkat perawatan tubuh yang dikemas ke dalam buddy bag yang elegan berwarna hijau dengan tulisan nama salon dan website yang dapat dikunjungi.

4. Product support services
Treatment yang akan dijalani konsumen membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga konsumen yang datang lebih dari satu orang atau keluarga dapat menunggu di cafe yang telah kami sediakan. Jadi, tidak ada lagi orang (pria khususnya) yang merasa bosan ketika menunggu pasangannya di salon.


Price
Harga yang kami tawarkan beragam, berikut penjabarannya:
NO. Uraian Harga
1. Potong cuci Rp 50.000
2. Blow cuci Rp 50.000
3. Potong poni Rp 25.000
4. Facial Biasa Rp 70.000
5. Facial (special) Rp 150.000
6. Krimbat biasa Rp 50.000
7. Krimbat (special) Rp 75.000
9. Hair Spa (biasa) Rp 60.000
10. Hair Spa (special) Rp 85.000

11. Lulur (biasa) Rp 150.000

12. Lulur (special) Rp 200.000
13. Keriting pendek Rp 300.000
14. Keriting panjang Rp 600.000
15. Make-Up Rp 200.000
16. Medicure Rp 75.000
17. Fedicure Rp 75.000
18. Reibonding pendek Rp 300.000
19. Reibonding panjang Rp 800.000
20. Keriting gantung Rp 250.000
21. Coloring Rp 400.000
22. Toning Rp 150.000


PRICE LIST HARGA PAKET
1. PAKET Rp. 300.000
a. Paket A Creambath, cuci, Blow, Menicure/Pedicure
b. Paket B Creambath Cuci Blow Refleksi
c. Paket C Creambath Cuci Blow Gunting
d. Paket D Creambath Cuci Blow Facial
e. Paket E Massage Sauna Cuci Blow
2. PAKET Rp. 500.000
a. Paket A Lulur, Sauna, Mandi susu, Creambath
b. Paket B Lulur, Sauna, Menicure, pedicure
c. Paket C Spa, Sauna, Mandi Susu, Facial
d. Paket D Spa, Sauna, Masker Payudara, Ear Therapy
e. Paket E Lulur, Sauna, Masker Badan, Mandi Susu

PAKET PRE WEDDING Rp. 700.000 (8x Pertemuan)
1. Spa Sauna Masker Payudara Ear Therapy
2. Masker Badan Ratus Manipedi
3. Lulur Sauna Mandi susu Creambath Ratus
4. Lulur Masker Payudara Masker Susu Ratus Mandi Susu
5. Lulur Sauna Mandi susu Creambath Ratus
6. Lulur Ratus Totok Wajah Facial Viva
7. Lulur Sauna Mandi Susu Creambath Ratus
8. Manicure Pedicure

Place
Salon yang akan didirikan di daerah Jakarta Selatan tepat dipinggir jalan besar. Sehingga orang akan muda menemukan salon kami. Kami memilih penempatan salon di daarah Jakarta Selatang karena beberapa alasan yang dipertimbangkan seperti yang telah kami jelaskan di awal pembicaraan.

Promotion
Ada beberapa cara yang kami gunakan untuk menarik dan menggaet banyak pelanggan, diantaranya:
1. kami menggunakan website untuk mengumumkan pada konsumen local maupun antarlokal mengenai salon dan treatment-treatmet yang kami sediakan beserta kisaran harganya.
2. Selain website, kami juga menggunakan brosur dan spanduk yang akan disebar dan dipasang di berbagai daerah di kota Jakarta.
3. Untuk pelanggan, kami menyediakan member card / kartu diskon yang akan diberikan dengan cuma-cuma pada kedatangan pertama kali. Fungsi member card, pertama, kami memberikan diskon 10% untuk semua jenis treatment. Kedua, kami akan memberikan gratis satu treatment untuk 10 kali kedatangan minimal 100 ribu.
4. Untuk paket perawatan akan diberikan bingkisan berupa buddy bag yang berisi seperangkat perawatan tubuh.
5. Kami akan mengadakan bulan diskon secara rutin pada waktu-waktu special, seperti hari valentine, tahun baru, natal, lebaran, dll.

0 comments:



Post a Comment