Reportase 6 "Marketing Mix"

# MARKETTING MIX #
Universitas Negeri Jakarta, 20 April 2011, dengan Amri Muhamad S, Pd. Pertemuan kala itu membahas mengenai Marketting Mix.
“Dalam marketting mix dikenal dengan sebutan 4P, yaitu Produk, Price, Place, Promotion”, tegas Pak Amril.
1. Produk
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk di perhatikan, diambil atau yang dikonsumsi yang mungkin memuaskan dari sebuah keinginan dan kebutuhan. Diperhatikan maksudnya, ketika kita membeli tiket untuk menonton film demi memuaskan keinginan, film hanya ditonton saja atau diperhatikan tanpa dikonsumsi. Konsumsi maksudnya, segala hal yang dapat dinikmati, dipakai atau digunakan. Nah, konsumsi ini pun selain demi memuaskan keinginan ada juga yang memang kebutuhan, seperti pengkonsumsian obat ketika seseorang sedang sakit. Pengkonsumsian ini bukan pilihan melainkan kebutuhan yang harus dilakukan.
a. Consumer Product, adalah produk yang dibeli untuk dinikmati konsumen itu sendiri. Ada beberapa jenis consumer produk, diantaranya:
1) Convenience, yaitu produk yang dibeli terus menerus dan harus dibeli bahkan dianggap kebutuhan yang wajib. Konsumen atau pembelinya pun dalam jumlah yang banyak. Contoh: pembelian makanan atau minuman.
2) Shopping product, yaitu pembelian produk dengan memilah atau menimbang antara produk yang satu dengan produk lainnya. Jenis ini memungkinkan konsumen menjadi sangat selektif untuk mendapatkan suatu produk.
3) Specialty product, produk yang dibeli hanya pada waktu tertentu. Produk ini memungkinkan adanya keunikan tersendiri dan jarang dijumpai.
4) Unsought, yaitu pembelian produk karena alasan ikut-ikutan. Pada dasarnya konsumen tidak sangat menginginkan atau membutuhkan produk ini, tetapi pembeian dilakukan atas alasan ikut-ikutan atau mengikuti trend.
b. Industrial Product, ialah pembelian produk kaitannya dengan kepentingan bisnis. Artinya, produk yang dibeli dalam jumlah banyak untuk dapat dijual kembali.
Ada beberapa alasan seseorang membeli atau memilih sutau produk, diantaranya:
1. Attributes (kelengkapan)
a. Kualitas
1) Daya tahan (keawetan suatu produk)
2) Kehandalan, misal pada hp untuk mampu mengirim dan menerima foto.
3) Precious (enak dipandang)
4) Easy to operate (kemudahan untuk mengoperasikan)
5) Repair (kemudahan untuk menservice)
6) Other value attitude (nilai lain yang dipresepsi beda)
b. Features
c. Product design
2. Brand, ini digunakan untuk membuat beda suatu bisnis dengan bisnis lain yang sama misalnya.
a. Term atau terminology, yaitu slogan atau istilah yang digunakan suatu bisnis.
b. Sign, tanda yang digunakan pada suatu bisnis yang mampu memberikan pesan dengan jelas. Contoh, rumah makan padang memakai tanda rumah gadang.
c. Symbol
1) Brand equity, ketika seseorang menggunaka brand suatu produk ada sensasi berbeda yang dirasakan. Contoh: hp querty pada masing-masing brand, maka orang akan memilih querty pada brand yang dianggap bagus.
2) Brand sponsor, brand yang dijadikan sebagai induk suatu produk. Contoh: MNC group, Garuda Food, Unilever.
3) Co branded, digunakannya brand bersama untuk memperluas pangsa pasar. Contoh: dengan mencantumkan brand Danone pada produk Aqua, maka pasar yang dituju adalah internasional.
3. Packaging, berbicara tentang kemasan atau bagaimana suatu produk dibungkus.
4. Label, kemampuan untuk menunjukkan sebuah label pada suatu produk. Contoh: profesi guru dapat diasumsikan lulusan IKIP.
5. Product service, kemudahan dalam menservice.

1 comments:



dagobertkaiserman said...

What Is a Casino Deposits? - Casino Roll
A casino deposit 토토 사이트 해킹 bonus or seda bet no 인생도박 deposit bet365es bonus is an incentive to spend 사카마치미루 time and money on games and slots. Basically, a casino has a small, high

Post a Comment