Reportase 7 "Pencitaan dan Pengembangan Produk"

# Penciptaan dan Pengembangan Produk #

Dalam kenyataan pasar, banyak sekali produk yang tidak bertahan lama. Oleh karena itu, perlu adanya penciptaan dan pengembangan terhadap produk atau jasa lama. Produk baru dapat diartikan dengan produk asli, penyempurnaan produk, modifikasi produk dan merk-merk baru yang dikembangkan perusahaan.

Booz, Allen dan Hamilton menandai adanya 6 golongan produk baru
1. Inovasi utama. Pengembangan produk yang ditujukan pasar baru. Kategori ini sangat beresiko namun bila berhasil dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.
2. Bisnis start-up. Cara baru dan inovatif untuk mengetahui kebutuhan terkini dari konsumen dan meningkatkan jangkauan pilihan yang tersedia.
3. Produk baru untuk pasar yang sedang dilayani. Memungkinkan penyedia jasa menggunakan customer base sebaik-baiknya dan melakukan penjualan silang (cross-sell) produk lain. Perubahan teknologi telah meningkatkan kesempatan untuk inovasi dan kreativitas.
4. Perluasan lini produk. Menawarkan jasa kepada konsumen dengan variasi yang lebih luas dari pilihan dalam lini jasa yang sudah ada. Hal ini inovasi umum bagi bisnis yang sudah mencapai fase kematangan, atau yang sudah memiliki segmen pasar inti yang ingin dipertahankan.
5. Perbaikan produk. Memperbaiki tampilan ( fitur ) dari produk yang sudah ada.
6. Perubahan gaya. Pengembangan unsur nyata dari produk jasa. Contoh : citra baru perusahaan, seragam baru, dan lain-lain.

Pada umumnya perusahaan hanya menggabungkan dari 6 golongan yang adakarena salah satunya dipertimbangkan unsure biaya. Hanya bagian yang kecil yaitu 10% yang benar-benar produk baru. Jenis produk tersebut melibatkan biaya dan resiko yang cukup tinggi.

0 comments:



Post a Comment